Mengapa Etika Dalam Bisnis Itu Penting

  • September 24, 2019

Cebu Pacific memperingati hari raya agama Katolik di udara berbareng para penumpangnya. Sedangkan Malaysia Airlines mengumumkan jadwal buka puasa di pesawat tuk penumpangnya yang berpuasa. Semua itu merupakan bagian dari etika bisnis perusahaan penerbangan yang bersumber dari ajaran agama.

Mari mengenal pengertian dari etika bisnis sebelum melangkah lebih jauh memahami point-point terusan didalamnya dan sebagai media ajar berbisnis. Yang dimaksud dari etika didalam berbisnis adalah sebuah cara untuk menjalankan sebuah bisnis itu sendiri.

Dimana didalamnya mencakup aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan tentu masyarakat itu sendiri. Itulah pengertian, tujuan, contoh dan manfaat etika bisnis yang harus dimiliki. Dengan memiliki etika yang baik, perusahaan akan memiliki daya saing yang tinggi hingga memiliki kemampuan dalam menciptakan nilai. Untuk menciptakan etika bisnis, Anda harus memulainya dengan perencanaan yang strategis, organisasi yang baik dan sistem prosedur yang transparan. Dengan demikian, para pelaku bisnis memiliki aturan yang dapat mengarahkan mereka dalam mewujudkan citra serta manajemen bisnis yg baik sehingga meraih diikuti oleh sepenuhnya orang yang memercayai bahwa bisnis ini memiliki etika yg baik. Selain tersebut, dapat juga meraih menghindari citra buruk seperti penipuan, dan cara kotor serta licik.

Lebih jauh dari itu, agama seharusnya memberikan makna yang transendental dalam kegiatan berbisnis. Tujuan-tujuan perusahaan tidak hanya berpusat pada penumpukan keuntungan materi semata, melainkan juga akan turut serta membangun kesejahteraan batin manusia di dalamnya. Pada akhirnya keseimbangan yang transendental dapat kita raih dari kegiatan berbisnis. Nilai agama dapat membasmi pelanggaran etika bila nilai agama ini dapat diintegrasikan ke dalam hukum lokal. Pendekatan agama sanggup juga digunakan buat menyelesaikan perselisihan ataupun pelanggaran etika dalam belum sampai ke dalam tahap pelanggaran hukum. Selain gede agama, lingkungan sosial budaya harus berperan dalam mengatasi pelanggaran etika bisnis.

Jadi, menjelang millenium ketiga dan memasuki abad 21, konsep etika mulai memasuki wacana bisnis. Wacana bisnis bukan hanya dipengaruhi oleh situasi ekonomis, melainkan oleh perubahan-perubahan sosial, ekonomi, politik, teknologi, serta pergeseran-pergeseran sikap dan cara pandang para pelaku bisnis atau ahli ekonomi.

Seperti melalui penyelesaian selakuala, menurut, adat seperti musyawarah, minta maaf, ganti rugi dan lainnya untuk kasus-kasus dora yang bukan ialah pelanggaran hukum. Tentu saja saja penyelesaian pelanggaran etis melalui cara-cara seperti harus tentu memperhatikan asas profesionalitas. Korporasi harus tunduk pada aturan hukum dan juga di aturan budaya lalu agama di Dalam negri.

Bisnis yg memiliki etika benar biasanya tidak jadi pernah merugikan marketing lain, tidak melanggar aturan hukum yg berlaku, tidak membikin suasana yang bukan kondusif pada saingan bisnisnya dan mempunyai izin usaha yg sah. Etika marketing adalah aturan yg tidak tertulis soal cara menjalankannya oleh adil dan telah sesuai dengan hukum yang diberlakukan negeri, serta tidak tergantung pada kedudukan individu atau perusahaannya pada dalam masyarakat. Dora bisnis bisa jadi standar serta pedoman bagi setiap karyawan termasuk manajemen serta dijadikan sebagai pedoman untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan landasan kejujuran, moral luhur, transparansi, serta sikap profesional. Klinik CITRA SEHAT berintegrasi dan berfokus dalam memberikan layanan kesehatan, pengobatan, dan pencegahan penyakit. Klinik Citra Sehat tumbuh dari kepedulian kesehatan dan kesejahteraan karyawan perusahaan serta keluarga yang diharapkan dapat membangun perusahaan, masyarakat sekitar dan juga negara. Untuk mencapai kepedulian diatas dan juga pengembangannya, maka Klinik Citra Sehat terus meningkatkan kualitas pelayan kesehatan yang baik dan akan terus bertransformasi dalam mengikuti teknologi kesehatan dan juga menjalankan etika bisnis yang baik. Peran agama sebagai dasar bagi etika perusahaan bukan saja bertujuan demi citra positif yang berdampak bagi keuntungan perusahaan.

etika bisnis

Ahli etika pekerjaan hukum dari Universitas Indonesia berpendapat, petunjuk adalah bagian ataupun salah satu sumber etika bisnis. Maskapai penerbangan Emirates menyesuaikan seragam petugas kabin mereka dengan cara Timur Tengah.

Setiasih

E-mail : admin@akrongvf.org